Friday, November 5, 2010

Makam Raja-raja Imogiri Yogyakarta

Makam Imogiri


Makam Raja - raja Imogiri ini terletak di desa imogiri Kabupaten Bantul daerah Istimewa Yogyakarta. Di samping makam imogiri ini juga ada makam Para Seniman Yogyakarta, atau lebih tepatnya sebelum pintu gerbang atau gapura makam imogiri. Makam Para Seniman ini sanggat artistik sekali dan juga mempunyai tempat yg sejuk karena banyak ditumbuhi pepohonan Kayu Putih yang merupakan tanaman yang di tanam oleh penduduk sekitar agar mempunyai nilai ekonomis atau untuk penghasilan tambahan.

Mengenai Makam Imogiri ini dibangun atas prakarsa dari Kasultanan Yogyakarta dan Kasultanan Surakarta. Semua Raja - Raja yang ada di Kasultanan tersebut harus dimakamkan di sini. Makam Kasultanan Yogyakarta bearda di sebelah kanan sedangkan Makam Kasultanan Surakarta berada disebelah kiri. Mengenai jumlah Tangga yang ada di makam Imogiri ini setiap orang kalau menghitung jumlahnya selalu berbeda- beda. Pengunjungpun bisa memasuki Makam Raja - Raja itu tetapi harus mentaati entaati peraturan yang berada yaitu mengenakan Baju Kejawen. Anda tidak perlu bersusah payah membeli karena disana sudah disediakan.


Tiap bulan tertentu Makam Imogiri ini sangat rami sekali dikunjungi oleh warga Yogyakarta sendiri dan dari luar daerah untuk menyaksikan prosesi Pengurasan air genthong yang konon menurut cerita orang jaman dahulu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kita tidak perlu berpikir yang neko - neko yang jelas semua yang ada dimuka bumi ini adalah Ciptaan Allah SWT dan Allah akan memberikan Karomah kepada siapa saja yang diinginkan NYA termasuk Air. Karena Air ia tidak bisa sombong ataupun takabur lain halnya dengan manusia.


Dan yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit hanyalah Allah SWT. Tidak usah jauh - jauh menilai kita kembali kepada diri kita sendiri seandainya kita pusing atau batuk kemudian kita percaya bahwa saya bisa sembuh karena Obat ini atau itupun sudah bisa dikatakan Syirik. Terletak disebelah luar dari makam raja - raja imogiri ada sebuah makam yang sangat unik sekali setahu saya Makam Syeh Bela belu beliau adalah Kiyai yang ditunjuk oleh Sultan Agung sebagai penasehat keagamaan atau keimanan Sultan Agung itu sendiri. Beliau tidak mau untuk dimakamkan di dalam makam imogiri, beliau lebih memilih di makamkan disisi luar dari makam atau tembok makam imogiri.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons