Saturday, November 6, 2010

Pantai Congot Nuansa Indah Pantai Paling Barat Di Yogyakarta

Pantai Congot


Pantai Congot adalah pantai wisata yang paling barat yang ada di Jogjakarta, tepatnya masuk ke Kabupaten Wates. Karena Pantai Congot ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo (Jateng) hanya dipisahkan oleh Sungai Bogowonto.

Kalau anda berkunjung ke Pantai Glagah Pantai Congot ini dekat dengan dengan Pantai Glagah, maka tidakada salahnya kalau anda juga bisa menyempatkan diri untuk bertandang ke Pantai Congot ini. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda DAN SANGAT DEKAT SEKALI BAHKAN BERBATASAN langsung dengan Kabupaten Purworejo Jawa tengah. Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan.

 Keindahan pemandangan bisa dijumpai bahkan selagi anda masih dalam perjalanan menuju pantai ini. Sepanjang jalan yang menghubungkan Wates dengan Pantai Congot, anda bisa bisa menyaksikan hamparan sawah hijau dan aktivitas warga desa di Kulon Progo yang umumnya menjadi petani. Seperti dataran dekat pantai di wilayah lain, jalan-jalan menuju Pantai Congot juga dihiasi oleh deretan pohon kelapa.

Untuk menuju Pantai Congot ini anda juga bisa mengakses Jalan dari Pantai Glagah Indah, anda tinggal menyusuri saja ke arah barat dari areal jalan yang ada dari Pantai Glagah Indah. Tapi anda jangan coba-coba jalan kaki karena jaraknya lumayan cukup Jauh kurang lebih 1.5 Km dari Glagah.

Dipantai Congot ini anda jangan heran kalu sering menjumpai Para Pemancing2 Pantai, karena pada umumnya sepanjang Pantai selatan yang ada di Yogyakarta ini sudah banyak orang yang Hobi untuk memancing Pantai, mulai dari Pantai Depok Bantul sampai dengan Pantai Congot ini. Dan kebanyakan dari mereka yang Hobi memancing Pantai tidak hanya datang dari Jogjakarta saja tetapi juga dari Luar daerah.

Untuk berkunjung ke Pantai Congot, anda tak perlu membayar biaya tambahan. Kunjungan ke pantai ini sudah termasuk dalam tiket wisata menuju Pantai Glagah. Letak Pantai Congot yang sangat dekat dengan Pantai Glagah tentu cukup menjadi alasan untuk mengunjunginya. Nuansa nelayan dan perikanan yang begitu kuat menjadikan pantai ini tetap memiliki kekhasan dan tak bisa begitu saja disamakan dengan Pantai Glagah.

Usai menikmati aktivitas nelayan dan menikmati hidangan sea food, anda bisa berjalan ke barat untuk menikmati pemandangan muara Sungai Bogowonto. Anda bisa berdiri di bangunan jetty (semacam tanggul) yang berada di tepian hilir sungai atau batu-batuan di tepian muaranya. Pertemuan air tawar sungai dan air asin laut inilah yang membuat wilayah tepi Pantai Congot kaya beragam jenis ikan. Di muara sungai itulah, beragam jenis ikan terdapat dalam jumlah yang cukup banyak.
 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons