Tuesday, November 16, 2010

Pantai Ngobaran bersantap Landak Laut

Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai di daerah Gunungkidul atau sebelah barat Pantai Ngrenehan, Kurang lebih Jaraknya 1 Km dari Pantai Ngrenehan. Pantai Ngobaran merupakan pantai yang kaya pesona budaya. Disini terdapat berbagai ragam eksotisme wisata yang menarik mulai dari pura, masjid yang menghadap ke selatan, hingga potensi kuliner terpendam yaitu landak laut goreng.

Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Di pantai ini, jangan berharap untuk dapat menikmati hamparan pasir laut. Pantai ini memang salah jenis pantai dengan tebing karang yang tinggi. Jika air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Pesona yang tak kalah menariknya dari pantai ini dan jarang ditemukan di pantai lain adalah pesona budayanya, mulai dari bangunan hingga makanan penduduk setempat. Satu diantaranya yang menarik adalah adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan.

Bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Terdapat pula sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat peribadatan pengikut Kejawen. Anda juga bisa menemukan sebuah masjid. Uniknya, jika kebanyakan masjid di Indonesia menghadap ke Barat, masjid ini menghadap ke selatan.

Di pantai ini juga cukup terkenal dengan wisata kuliner khas landak laut. Jika anda datang pada sore hari, akan dijumpai warga tengah mencari landak laut untuk dijadikan makanan malam harinya. Agar bisa disantap, landak laut dikepras dahulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudian dicongkel. Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat.


Pantai Ngobaran berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dan dari arah Yogyakarta sekitar 65 km.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons