Tuesday, November 16, 2010

Gamelan Festival Yogyakarta

Gamelan Festival

Berangkat dari kepedulian Komunitas Gayam 16 untuk menjadikan instrumen gamelan menjadi musik yang familiar di telinga masyarakat seluruh dunia, even Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-15 kembali digelar pada 16 -18 Juli di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).Kegiatan ini akan melibatkan puluhan negara lain yang mengirimkan pemain gamelannya untuk tampil memeriahkan pagelaran gamelan akbar tahunan ini.

“Kami yakin, cita-cita kami akan tercapai. Suatu saat, gamelan akan menjadi musik yang mendunia. Semua orang di belahan bumi ini akan mengenal Indonesia yang merupakan negara yang memiliki banyak keunikan adat dan budaya, memiliki peradaban seni tradisi yang tinggi serta memiliki bangsa dengan kreatifitas yang diakui dunia. Melalui kreatifitas inilah, komunitas binaan almarhum Sapto Raharjo menembus batas-batas wilayah atau negara, politik, sosial ekonomi serta ruang dan waktu," ujar Pubilc Relations YGF, Sekar Setyaningrum dalam media rilisnya, Kamis (15/7)

Sejak adanya Yogyakarta Gamelan Festival di Indonesia pada tahun 1995, hingga kini di tahun 2010 tidak kurang dari 34 negara sudah bergabung dalam event ini. Pada perhelatan tahun ini negara yang dipastikan akan tampil adalah Perancis, Singapore, USA yang diwakakili Minnesota dan California.

Semua penampil di atas dapat disaksikan dalam event Yogyakarta Gamelan Festival yang ke-15 di Taman Budaya Yogyakarta, pada tanggal 16-18 Juli 2010 jam 20.00 wib. Beberapa penampil seperti Sumunar Gamelan juga akan mengadakan workshop pada tanggal 17 Juli 2010 pukul 14.00 WIB, di Amphitheatre Taman Budaya Yogyakarta. Sementara itu, pembukaan Yogyakarta Gamelan Festival akan dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Juli 2010 pukul 19.30 WIB yang akan menampilkan Youngster16 dengan musik gamelan yang begitu atraktif.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons