Saturday, November 6, 2010

Gua Bribin Ekpedisi Sungai Bawah Tanah

Ekpedisi Gua Bribin

 Pemerintah melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu, Opak Ditjen Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum terus berupaya menyelesaikan pekerjaan instalasi air baku (BSBT) yang dikenal Goa Bribin.

Goa Bribin menggunakan teknologi canggih, Goa Bribin dibanding proyek serupa yang ada di DIY terletak pada teknologi yang digunakannya. Ke - 3 Bendung Sungai Bawah Tanah (BSBT )sebelumnya hanya menggunakan teknologi konvensional.

Gua Bribin berlokasi di Desa Sindon, Kecamatan Semanu, Yogyakarta ini pertama kali dikerjakan tahun 2004 dan direncanakan selesai pertengahan tahun 2008. Saat ini progress fisiknya sudah mencapai 75 persen dan telah menelan dana sekitar Rp 30 miliar dari total keseluruhan Rp 38 miliar.

Proyek BSBT Bribin adalah yang ke-4 setelah Ngobaran, Baron dan Seropan. Dana APBN/D sebesar Rp 38 Miliar untuk merampungkan proyek ini hanya digunakan untuk pekerjaan konstruksinya. Adapun teknologi, peralatan bor dan turbin, serta pompa-pompa berasal dari bantuan murni (grant) dari pemerintah Jerman.


Menurutnya, teknologi yang digunakan untuk proyek Bribin ini merupakan yang pertama di dunia. Ke depan, apabila rekayasa teknologi ini berhasil diterapkan di PSBT Bribin, kemungkinan akan diterapkan untuk proyek serupa di daerah-daerah lain di Indonesia. Dijelaskan, dari Goa Bribin ini, air sungai bawah tanah akan dialirkan melalui pipa-pipa dengan sistim gravitasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Gunung Kidul yang rawan air.

 Air baku dari Goa Bribin diperuntukkan bagi 97 ribu jiwa yang tersebar di 13 Desa dan 5 Kecamatan. Dengan kapasitas debit air sebesar 800 liter/detik, yang disalurkan melalui sistim perpipaan hanya 10 % nya. Selebihnya dibiarkan mengalir untuk dimanfaatkan masyarakat di bagian hilir. Pembangunan Proyek ini melibatkan instansi lain seperti Departemen PU, Batan, Propinsi DIY dan pemerintah Jerman.

Selain diperuntukkan untuk penyediaan air baku, air bawah tanah ini juga dimanfaatkan bagi keperluan irigasi dan pembangkit tenaga listrik.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons